Selasa, 08 Februari 2011

Dana Kementrian Agama dan Kerukunan Umat Beragama

Berikut uraian singkat seputar pos dana Kementrian Agama dan korelasi dengan kerukunan umat beragama.

Anggaran untuk Kementrian Agama 2011 Rp. 31 trilliun, naik 15% dari 2010 hampir sana dengan anggaran kepolisian. Penerimaan dana terbesar dari Kementrian Agama untuk pendidikan & sosialisasi kerukunan umat beragama tahun 2009 yaitu Jabar Rp. 3T dan Jateng Rp. 2,8 T. sementara Pemda Banten urutan 5 penerima dana terbesar dari Kementrian Agama untuk pendidikan, sosialisasi kerukunan umat. Pada tahun 2009 dapat Rp. 800 M. kemana larinya uang-uang tersebut? Kalau memang dialokasikan untuk program penguatan kerukunan umat beragama sudah lebih dari cukup. Kerusuhan seperti di Cikeusik dan Temanggung dapat diminimalisir.

Australia pada tahun 2009 memberi hibah ke Kementrian Agama sebesar Rp. 54 Milyar untuk pembinaan Agama Islam. Duitnya masuk pos off budget. Duit tersebut dipergunakan untuk cetak Al-Quran dan Yassin untuk Pemda dengan tujuan agar umat lebih taat. Dananya dibagi juga ke Universitas-universitas Islam diseluruh Indonesia.

Kesimpulan, dana berjibun Kementrian Agama Rp. 31 T tahun ini (tidak termasuk dana haji, hibah, zakat) tidak berbanding lurus dengan hasilnya (korupsi, anarki merajalela).

Sumber: Armaida Tunggadewi via Twitter (@arma1da)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar